Jaringan Internet ( Interconnection Networking )


Pengertian Jaringan InternetDilihat dari asal katanya, internet merupakan kependekan dari Interconnection Networking yang merupakan sistem global yang sangat kompleks yang menghubungkan semua jaringan komputer menggunakan Internet Protocol Suite (TCP/IP) yang berfungsi untuk melayani milyaran pengguna internet dari seluruh dunia.
Jaringan Internet merupakan jaringan yang menghubungkan jutaan komputer dari seluruh dunia, tanpa mengenal batas wilayah atau negara. Setiap orang yang mempunyai komputer bisa bergabung dalam jaringan tersebut dengan dengan melakukan koneksi ke ISP (Internet Service Provider = Penyedia Layanan Internet). Beberapa contoh ISP yang ada di Indonesia misalnya IndosatNet, Telkom Speedy, dll. Internet bisa pula diartikan sebagai Jaringan Internasional (International Networking) karena mampu menghubungkan jutaan komputer secara international atau dari bebagai negara, atau sebagai Jaringan Antar Jaringan (Internetworking) karena mampu menghubungkan jutaan jaringan dari seluruh dunia.
Berdasarkan skala :
1. Local Area Network (LAN): suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas.

2. Metropolitant Area Network (MAN): prinsip sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu 10-50 km.
3.Wide Area Network (WAN): jaraknya antar kota, negara, dan benua. ini sama dengan internet.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Winda Rustyanah Copyright © 2011-2012 | Powered by Recht und Freiheit